Daftar Isi [ Tampilkan ]

auqri - Jika kamu ingin meningkatkan performa website serta optimasi seo blog. melakukan minify pada css, html, javascript, atau template blog adalah langkah yang tepat. Karena dengan melakukan minify, akan membuat baris kode menjadi lebih sedikit dan website akan terasa lebih ringan.

Tools CSS Minifier dan Beautifier

Blog auqri menyediakan beberapa tools yang bisa kamu manfaatkan untuk memenuhi kebutuhan ngeblog, salah satunya ialah tools css minify dan beautify. 

Apa itu Tools CSS Minify

CSS Minify atau CSS Minifier adalah sebuah proses yang dilakukan untuk menghilangkan beberapa karakter yang tidak diperlukan dalam sebuah kode, sehingga kode dapat dieksekusi dengan lebih mudah dan cepat. 

Beberapa karakter yang dihilangkan yaitu white space, baris baru, komentar, dan delimiter yang ada didalam kode css. Sehingga proses parsing dan eksekusi kode bisa lebih ditingkatkan dan loading website akan terasa lebih cepat. 

Berikut adalah tools CSS Minify yang dimiliki oleh blog auqri, silahkan pergunakan dengan sebaik-baiknya dan rekomendasikan kepada teman atau blogger lain jika ingin menggunakannya.

Cara Menggunakan Tools CSS Minifier: 

  1. Tempelkan kode CSS pada box yang telah disediakan
  2. Klik tombol 'Minify CSS'
  3. Hasilnya akan muncul pada box dibawahnya setelah tombol minify di klik
  4. Terakhir, klik tombol Copy untuk menyalin hasilnya.

CSS Minifier

Tidak hanya tools CSS Minify saja, akan tetapi pada postingan ini blog auqri juga menyediakan tools lain yaitu CSS Beautify. 

Apa itu Tools CSS Beautify

CSS Beautify atau CSS Beautifier adalah sebuah alat yang dapat digunakan untuk merapikan kode css dari yang berantakan menjadi tersusun rapi. CSS Beautify ini merupakan kebalikan dari tools CSS Minify, jadi kode akan terlihat lebih panjang dengan baris-baris baru yang dibuat.

Jika kamu menggunakan sebuah plugin pada tools kode editor untuk merapikan baris html atau css, maka CSS Beautify juga melakukan hal yang demikian. 

Cara Menggunakan Tools CSS Beautifier:

  1. Tempelkan kode CSS pada box yang telah disediakan
  2. Klik tombol 'Beautify CSS' 
  3. Hasilnya akan muncul pada box dibawahnya setelah tombol beautify di klik
  4. Terakhir, klik tombol Copy untuk menyalin hasilnya.

CSS Beautifier

Kesimpulan

Nah begitulah 2 tools yang bisa kamu gunakan untuk mengkompress kode css menjadi lebih rapi dan terstruktur menggunakan tools CSS Minifier dan Beautifier yang disediakan oleh blog auqri. Semoga alatnya bisa bermanfaat dan berguna bagi kamu dan teman-teman lainnya. Terima kasih sudah berkunjung.

Tambahkan komentar anda disini

Ada 27 Komentar Netizen!

  1. Berarti endingnya adalah loading web yang lebih cepat dengan adanya tools CSS ini ya Mas Andri?

    Apakah nanti nggak messing up dengan kode html-nya ya kode2 CSS ini?

    ReplyDelete
  2. Kode CSS nya cuma diperingkas aja sih, jadi dari baris yang panjang itu dibuat jadi satu baris aja. Kalau pengen liat contohnya itu bisa dilihat dengan menggunakan tombol pada keyboard CTRL + U.

    Nanti akan ada baris CSS yang memanjang ke kanan, dan dari situ bisa dilihat perbedaannya sebelum diedit dengan setelah diedit.

    ReplyDelete
  3. Wow ilmu baru nih buat saya. Sering denger tentang kode CSS ini tapi belum belajar lebih banyak dan kadang udah atut duluan sama kode-kodenya 😅

    ReplyDelete
  4. jadi nanti kode templatenya dari serba panjang bakalan jadi lebih simple gitu ya Kak? Masih belum mudeng sebenarnya, harus belajar lagi nih :D

    ReplyDelete
  5. Kalo masalah kode-kode gini sebenarnya saya agak kurang cepat tangkap, makanya selama ini masih pake yang manual-manual aja yang masih panjang-panjang itu

    ReplyDelete
  6. Yang saya bingung, kode CSS seperti apa yang perlu di Minify, dan kode CSS seperti apa yang perlu di Beautify mas? Soalnya dari contoh kode yang disediakan, kodenya sama. Jadi Minify dan Beautify ini semacam reverse.

    ReplyDelete
  7. Wah baca ini saya lumayan lama mikirnya, hehe
    Maklum Sy nggak ngerti soal kode kode seperti ini
    Tapi dgn membaca artikel ini jadi tercerahkan
    Terima kasih ya kak informasinya

    ReplyDelete
  8. nah kebetulan saya pengguna wordpress. untungnya ada plugin yang juga bisa bantu minify css :D tapi ini info penting juga, bisa syaa gunakan untuk blogspot sya

    ReplyDelete
  9. Codingnya seperti apa bentuk realnya, kak?
    Apa ini berlauk hanya di WP?

    Tujuannya biar terbaca cepat oleh google kah?
    Terimakasih.

    ReplyDelete
  10. Waah belum mendalami CSS dan sebangsanya. Kalo Mas apa nerima jasa oprek blog dan memperbaikinya, minify css, dll?

    ReplyDelete
  11. belum ngerti nih soal CSS dan buntut2nya. apakah ini bisa dipergunakan di wordpress juga?

    ReplyDelete
  12. Sejujurnya saya gak terlalu paham mengenai kode css, tapi makasih banyak infonya

    ReplyDelete
  13. makasih ya informasinya, dulu aku suka banget ngulik beginian, tapi skrg belum sempet karena ngurusin anak2 terus di rumah

    ReplyDelete
  14. Maaih mencoba mencerna secara perlahan nih kalo liat kode2 css dkk haha..

    Tapi menarik sih buat dipelajari, karena blogger gitu lho hehe

    ReplyDelete
  15. Wah, aku masih belum paham mas soal beginian. Tapi makasih ya sudah tercerahkan dan memang mesti berbenah lagi blognya biar teroptimasi dengan baik.

    ReplyDelete
  16. Tools CSS Minifier dan Beautifier, istilah baru bagi saya, saya pahami dulu ya, kak. Terima kasih infonya, ini manfaat karena kode jadi bisa diakses lebih cepat. web jadi ringan pastinya ya

    ReplyDelete
  17. Jadi belajar lagi nih. Aku belum pernah sih pake tools CSS minifier dan beautifier. Menarik juga namun kudu dipelajari biar pas dan cocok digunakan

    ReplyDelete
  18. Tools yang menarik banget, pas buat performa blog saya yang jauh dari angka 100 hihihi.. Tapi berlaku bagi blog yang terdapat script adsense nya juga kah, kak?

    ReplyDelete
  19. Masih belum ngerti nih saya cara makenya. Baru tau loh, ada tools CSS yang seperti ini.

    ReplyDelete
  20. Wajib di bookmark nih artikelnya. Penting banget untuk kebutuhan optimasi blog dan merapikan css blog yang berantakan. Thanks for sharing ya.

    ReplyDelete
  21. Huaaa sengaja banget baca artikel soal tools CSS gini buat belajar lagi, dulu masih suka otodidak gini. Tapi kok ya makin ke sini makin males gitu, duh makasih banyak kak, lumayan bikin pemanasan otak nih soal teknis blog

    ReplyDelete
  22. wah bermanfaat banget nih toolsnya, kalau lagi perlu bakal cobain. Thank you for sharing !

    ReplyDelete
  23. Kayaknya belum pernah gunain CSS aku mas. Apa aku yg belum paham ya heheee
    Tapi ini bisa dipergunakan untuk blogspot juga kah mas?

    ReplyDelete
  24. Masuk sini jadi tahu soal perkodean
    Soalnya selama ini seringnya terima jadi saja

    ReplyDelete
  25. Aku ga paham soal beginian. Kyknya para master blog yg paham deh. Setting blogku msh standar bgt hehe.. kudu banyak belajar nih.

    ReplyDelete
  26. Wah, blog ini bakal saya sering kunjungi dan saya simpan di bookmark perambaan saya deh. Saua butuh tools buat meningkatkan performa blog saya supaya lebih jos. Thanks mas

    ReplyDelete
  27. Wahhhh ilmu niy, secara saya gak paham daleman blog. Cuma bisanya nulis nulis aja tanpa paham teknis blog.

    Makasih yaa, menambah wawasan

    ReplyDelete

Post a Comment

Tambahkan komentar anda disini

Community:
#BCCSquad, BloggerHub.id, Komunitas WB, BRT Network, ODOP.