Work 100% Solusi Mengatasi Tidak Dapat Mengambil Peta Situs

auqriblog - Solusi mengatasi peta situs yang tidak terbaca saat ingin menambahkan blog ke google search console atau webmaster tools. 

Saat memiliki blog baru rasanya pengen banget punya blog yang terindeks. Tapi sayangnya saat ingin menambahkan file sitemap.xml ke gsc muncul pesan, " tidak dapat membaca peta situs / Couldn't Fetch Sitemap".

tidak dapat mengambil peta situs

Apa itu peta situs atau sitemap ?

Peta situs (sitemap) adalah salah satu alat yang digunakan untuk mengindeks halaman web di mesin pencari seperti Google, Bing, dan Yandex.

Nah untuk mengirimkan peta situs, pemilik website harus mendaftarkan situs nya ke webmaster tools agar bisa di crawl.

Namun, terkadang banyak dari pemilik website / blog mengeluhkan situsnya tidak bisa menambahkan sitemap.xml, alasannya tidak dapat mengambil peta situs atau Sitemap couldn't fetch.

Penyebab tidak dapat mengambil peta situs

Berikut dibawah ini beberapa hal yang menyebabkan peta situs tidak terbaca, khususnya di google search console.

1. Salah Memasukkan URL

Solusi mengatasi peta situs tidak terbaca

Saat mengakses google search console, maka kita akan diberikan pilihan untuk mengisi URL pada kolom yang disediakan. 

Jika kamu ingin setting GA4 di blogger, maka bagian yang diisi ialah kolom disebelah kanan. Karena properti ini memungkinkan kita sebagai pengelola blog bisa melakukan verifikasi kepemilikan dengan banyak metode, seperti:

  • Tag HTML,
  • Google Analytic,
  • Google Tag Manager,
  • Penyedia Nama Domain, dan
  • File HTML.

Nah terkait kesalahan penulisan URL ini biasanya sepele banget, contoh misalnya seperti penulisan http dan https. 

Silahkan dicek terlebih dahulu apakah sudah benar atau belum, dan jika sudah terlanjur salah silahkan hapus saja dan submit ulang url-nya, contoh: https://www.namadomain.com.

2. Salah Memasukkan Peta Situs (Sitemap)

Jika kamu masih bingung bagaimana cara memasukkan peta situs atau indeks artikel di google penelusuran, silahkan simak: Cara Mendaftarkan Blog Baru ke Google Search Engine

Work 100% Solusi Mengatasi Tidak Dapat Mengambil Peta Situs

Terkadang memang banyak blogger yang salah dalam melakukan indeks artikel ke google search engine, sehingga tidak jarang sitemap yang dimasukkan tidak sesuai dengan ketentuan search console

Jika hal ini terjadi, silahkan hapus saja sitemap yang salah lalu masukkan kembali sitemap yang sesuai dengan ketentuan. 

3. Blog Masih Baru

Salah satu penyebab sitemap tidak terbaca ialah blog masih baru, apalagi kalau misal blog yang disubmit belum memiliki konten sama sekali. 

Saran saya buatlah konten atau artikel terlebih dahulu baru mendaftarkan blognya ke google search console. 

***

Sebenarnya ketiga alasan diatas sudah cukup kuat kenapa saat melakukan submit sitemap.xml ke google search console muncul pesan tidak dapat mengambil peta situs atau sitemap couldn't fetch. 

Akan tetapi saya akan memberikan satu alasan lagi kenapa peta situs tidak terbaca, yaitu:

4. Tidak Pasang Robot.txt

Robot.txt adalah sebuah kode atau file yang digunakan untuk memberikan instruksi pada robot search engine agar situs atau url yang ada didalamya bisa lebih cepat diindeks. 

Cara memasukkan robot.txt di blogger sebenarnya cukup mudah, simak langkah-langkahnya dibawah ini:

  • Buka situs Blogger.com
  • Klik menu Setelan
  • Cari Crawler dan Pengindeksan
  • Aktifkan Robot.txt
  • Klik tulisan robot.txt kustom
  • Masukkan teks dibawah ini didalamnya
  • Selesai
User-agent: Mediapartners-Google
Disallow: 

User-agent: *
Allow: /

Sitemap: https://www.auqre.my.id/sitemap.xml

Pada bagian yang saya tandai warna kuning, silahkan ganti dengan nama domain kamu. 

Solusi Mengatasi Peta Situs Tidak Terbaca

Seperti yang sudah saya sebutkan diatas terkait penyebab tidak dapat mengambil peta situs saat submit file sitemap.xml ke google search console, berikut beberapa solusi mengatasinya:

  1. Pastikan peta situs di submit dengan benar
  2. Pastikan robot,txt valid, cek disini 
  3. Buat konten artikel rutin

Solusi ke-3 memang benar sih, saya memiliki 1 blog yang kontennya selalu saya update setiap hari. Bahkan sampai artikel ini ditulis blog tersebut belum pernah saya submit file sitemap.xml nya ke google search console

Namun, saya melakukan indeks manual melalui alat inspeksi URL di google search console, jadi satu-per-satu artikel saya submit. 

Untuk cek apakah artikel ada dipencarian google, kamu bisa ketikkan site:namadomainkamu.com. Gimana, berhasil kan? Demikianlah solusi tidak dapat mengambil peta situs, semoga bermanfaat. 

15 Comments

Tambahkan komentar Anda disini..

  1. Aku beberapa kali menemukan kasus tidak dapat mengambil peta situs. Biasanya memang urusan http dan https sih.
    Kalau kita cuma masukkan namadomain.com
    Maka akan otomatis jadi http doang. Jadi kudu masukkan lengkap gitu ya urlnya, Kak. Mulai dari https-nya. Biar lengkap dan benar urlnya.

    ReplyDelete
  2. Nah ada satu url artikel yang tidak muncul di site: dan udah aku minta crawl juga. Tapi tetap hasilnya sampai sekarang masih tidak bisa. Caranya gimana ya agar bisa diindex Google? Padahal url udah ada di google

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa dilakukan dengan indeks manual lebih kolom search yang ada di google webmaster

      Delete
  3. Layak dicoba untuk blog wahkorea.com yang memang blog baru dan masih pake blogspot. Mas auqri tulisan dan blognya kece, kapan mau pindah ke wordpress? Hahaa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahh semoga tahun ini bisa segera pindah hha

      Delete
  4. wah penring sekali nih pembahasan ini utk saya yg gaptek ttg perblogingan tapi tetap ingin eksis. hehe.. izin simpan materinya,mudah2an nanti2 bisa praktekkan utk blog sederhana saya. terima kasiih .

    ReplyDelete
  5. wah saya malah belum cek ricek ini sitemap xD sepertinya memang penting ya untuk diisi data sitemapnya. makasih tutorialnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahhh lumayan tuh biar index artikel di webmaster bisa lebih cepet :D

      Delete
  6. Asyik, tutorialnya helpful banget-banget. Auto kudu segera kroscek blog sendiri nih.
    Sudah sukses terindeks atau peta situs apa sudah dimasukkan denhan benar.
    Salam pagi dari Lombok ^^

    ReplyDelete
  7. Wah tutorialnya helpful banget mbak
    Bagi travel blogger yang sering menulis destinasi wisata pasti akan sangat membantu kalau dalam artikelnya ada peta situs
    Kalau aku memang bekum pernah menyematkan peta situs di blog
    Tapi setelah baca tutorial ini aku jadi pengen pasang juga

    ReplyDelete
  8. saya pernah mengalami postingan saya yang tak kunjung terindeks sampai kesal banget. alhamdulillah sih sekarang sudah nggak ada lagi masalah itu

    ReplyDelete
  9. Sejujurnya, akutu belajar banget dari panduan yang kak Auqri bikin. Semua mengenai blog yang belum aku lakukan, aku selalu mencari rujukan dan jawaban terbaik di blog ini.

    Namun ada kalanya juga aku butuh waktu untuk memahami. Seperti mengenai robot.txt ini.. Kaya yang paham tapi belum paham. Huhu..

    Pokoknya kalau ada kak Auqri, aku selalu usahakan ikutan BW. Karena kontennya always bisa menjawab pertanyaanku di dunia blogging.

    ReplyDelete
  10. Wah cukup lengkap penjelasannya nih mas Andri... Soalnya saya sudah lama tidak cek peta situs diblog benar atau nggaknya. Jadi bisa saya coba nih tutorialnya, thanks mas andri.😃😃

    ReplyDelete

Post a Comment

Tambahkan komentar Anda disini..

Previous Post Next Post